Jenjang Sekolah : MA/SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI IPA/1
Materi Pokok : Kepolaran senyawa
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 30 menit)
I.
Standar Kompetensi
Memahami struktur atom untuk
meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat-sifat senyawa
II.
Kompetensi Dasar
Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di
sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul
III. Indikator
1. Menjelaskan tentang kepolaran suatu
senyawa
2. Mengelompokkan senyawa polar dan
nonpolar
3. Menentukan momen dipol empat senyawa
dan urutan kepolarannya
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan tentang
kepolaran senyawa
2. Siswa dapat mengelompokkan senyawa
polar dan nonpolar
3. Siswa dapat menentukan momen dipol
empat senyawa dan urutan kepolarannya
V.
Materi Pembelajaran
Kepolaran adalah sifat
zat yang merupakan pengaruh dari bentuk molekul. Senyawa dapat bersifat polar
atau nonpolar. Sifat polar diakibatkan oleh distribusi rapatan elektron tidak
merata, sehingga ada sisi molekul yang distribusi rapatan elektronnya lebih
besar, sedangkan sisi lainnya lebih rendah. Sisi yang rapatan elektronnya lebih
besar menjadi lebih negatif, sedangkan sisi lainnya menjadi lebih positif.
Dengan kata lain molekul polar mempunyai dwikutub karena pusat muatan atau pol
positif (δ+) terpisah dari pusat muatan atau pol negatif (δ-).
Sedangkan molekul polar diakibatkan oleh distribusi rapatan elektron yang
tersebar secara merata.
Perbedaan senyawa polar dan nonpolar sebagai
berikut:
Senyawa polar
|
Senyawa
nonpolar
|
§ Secara umum terbentuk dari ikatan
antar atom yang berbeda
§ Bentuk molekul tidak simetris
(terdapat PEB)
§ Memiliki beda keelektronegatifan
|
§ Secara
umum terbentuk dari ikatan antar atom yang sama
§ Bentuk
molekul simetris ( tidak terdapat PEB)
§ Tidak
memiliki beda keelektronegatifan
|
VI. Sumber / Alat Bantu
1. Sumber : Buku kimia SMA Erlangga karangan Unggul Sudarmo, Lembar
Kerja Siswa Tuntas Graha Pustaka
2. Alat Bantu : Carta keelektronegatifan unsur
Keelektronegatifan Unsur (Skala Pauling)
Unsur
|
Keelektronegatifan
|
H
Li
Be
B
C
N
O
F
Br
Na
Mg
Al
Si
P
S
Cl
|
2,1
1,0
1,5
2,0
2,5
0,3
3,5
4,0
2,8
0,9
1,2
1,5
1,8
2,1
2,5
3,0
|
VII. Metode / Pendekatan
1. Metode : Diskusi dan tanya jawab
2. Pendekatan : Cooperatif Learning
VIII. Langkah-langkah Kegiatan
1. Tatap Muka
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
·
Prasyarat Pengetahuan :
Siswa
diingatkan tentang senyawa ion, senyawa kovalen, dan bentuk molekul senyawa
·
Motivasi
Senyawa ion terbentuk dari ion positif dan ion negatif,
masing-masing ion tersebut membentuk senyawa, jadi senyawa ion merupakan
senyawa polar karena memiliki pol positif (δ+) dan pol negatif (δ-).
Bagaimana dengan kepolaran senyawa
kovalen?
Tahap situasional
·
Menjelaskan kepolaran senyawa melalui tanya jawab
·
Siswa menyimak penjelasan tentang pengaruh keelektronegatifan dan
bentuk molekul terhadap kepolaran senyawa
Tahap eksplorasi
·
Siswa membentuk 5 kelompok heterogen
·
Siswa mengelompokkan senyawa polar dan nonpolar dalam diskusi kelompok
·
Siswa mengurutkan kepolaran empat senyawa dalam diskusi kelompok
Tahap elaborasi
·
Siswa mempresentasikan
hasil diskusinya dan
guru membahas meluruskan hasilnya
Tahap konfirmasi
·
Guru menyimpulkan konsep tentang senyawa polar
dan non polar
·
Siswa mengerjakan
kuis
|
5’
5’
10’
10’
3’
10’
5’
7’
5’
|
2. Penugasan Terstruktur
Siswa mengerjakan kuis
sebagai pekerjaan rumah untuk pertemuan selanjutnya
3. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
Lembar Kerja Siswa
halaman 24 - 28
IX. Penilaian
1. Prosedur Penilaian : Kuis
2. Instrumen Penilaian :
Indikator : Mengelompokkan senyawa polar dan nonpolar
Butir soal :
1) Berdasarkan data keelektronegatifan
dan bentuk molekul lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan tanda (√)
beserta alasannya!
No
|
Senyawa
|
Polar
|
Nonpolar
|
Alasan
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
|
NaCl
HBr
F2
I2
CCl4
HI
H2O
O2
Cl2
BF3
HCl
HF
NH3
CHCl3
BCl3
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
√
√
|
Momen
dipol 2,1
Momen
dipol 0,7
Momen
dipol 0
Momen
dipol 0
Bentuk
molekul simetris
Momen
dipol 0,4
Bentuk
molekul tidak simetris
Momen
dipol 0
Momen
dipol 0
Bentuk
molekul simetris
Momen
dipol 0,9
Momen
dipol 1,9
Bentuk
molekul tidak simetris
Distribusi
rapatan elektron tidak rata
Bentuk
molekul simetris
|
Indikator : Menentukan
urutan kepolaran empat senyawa
Butir soal :
2) Berdasarkan data keelektronegatifan
tentukan urutan kepolaran senyawa berikut ini:
HCl, HI, HF, HBr
Jawab:
Momen dipol
HCl = 0,9 HI = 0,4 HF =
1,9 HBr = 0,7
Urutan kepolaran HI –
HBr – HCl – HF
3. Pedoman Penilaian
Skor nomor 1 = 75 , masing-masing 5
Skor nomor 2 = 25
Skor maksimum =100
Nilai Maksimum= x 100 = 100
Saran : pada tahap konfirmasi bukan guru yang menyimpulkan konsep, melainkan siswa.
BalasHapus